Promo diskon 30%
Promo diskon 10%
Promo diskon 10%
slide4
slide45
Menu Produk
    Me on Facebook
    Home » TrenTek» Pengolahan Gula
    Pengolahan Gula

    Kamis, 12 Juli 2012 - 09:14:57 WIBOleh : Administrator Dibaca: 321 kali

    Gula semut Aren atau Indonesia Arenga Palm Sugar atau Palm Sugar atau Brown Sugar adalah gula merah (aren) yang berbentuk serbuk atau tepung dikenal dengan nama Arenga Palm Sugar. Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah nira dari pohon aren. Sebagai pemanis gula semut aren memiliki beberapa kelebihan:

    1. Memiliki aroma khas yang merangsang selera.
    2. Bentuk karamelnya bertekstur halus dan lembut.
    3. Selain glukosa, gula semut aren mengandung protein kasar, mineral, vitamin C, riboflavin, thiamine, fosfor dan calsium.
    4. Warna coklatnya adalah kandungan serat makanan yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.
    5. Dalam Gula aren terkandung senyawa-senyawa yang berfungsi menghambat penyerapan kolesterol di saluran pencernaan.
    6. Mudah larut.
    7. Dapat disimpan dalam waktu kurang lebih satu tahun bahkan bisa sampai dua tahun tanpa mengalami perubahan setelah dikeringkan, dibungkus rapat dan ditaruh dalam ruangan bersuhu + 20ºC dengan RH 50 – 60%.

    Gula Semut mempunyai banyak kegunaan. Sebagai pengganti gula pasir, gula semut sangat nikmat bila dipakai sebagai pemanis minuman teh dan kopi. Gula semut juga dapat sebagai penguat rasa dan penguat khasiat minuman kesehatan, gula semut dapat ditambahkan dalam seduhan kunyit asam, temulawak, wedang jahe dan mengkudu. Minuman ini tidak hanya sangat bermanfaat terhadap kebugaran tubuh tapi juga ramah di lidah.
    Selain berfungsi sebagai pemanis biasa, gula semut digunakan dalam industri roti (bakery), kue-kue, kecap, sirup, makanan bayi dan makanan lainnya, yang dimanfaatkan bukan hanya rasa manisnya tapi juga warna coklat dan coklat kehitamannya yang cantik untuk memperkuat tampilan fisik makanan.
    Selain gula semut aren juga ada gula merah dari kelapa. Gula merah kelapa dibuat dari nira pohon kelapa. Pada prinsipnya, pembuatan gula semut aren dan gula semut kelapa adalah sama. Pohon kelapa baru bisa disadap niranya apabila telah menghasilkan 3 tandan bunga yang baru membuka dan tandan yang termuda sudah mencapai 20 cm panjangnya, untuk pohon kelapa pada umumnya umurnya sekitar 8 tahun, sedangkan untuk kelapa hybrida umurnya sekitar 4 tahun. Mahkota pohon kelapa perlu dibersihkan dari semua kotoran begitu pula alat-alat yang akan digunakan harus dalam keadaan bersih. Nira dapat diperoleh dari tandan yang seludangnya belum mekar, setelah itu tangkai bunganya lalu dipukul pukul perlahan-lahan dan baru boleh disadap setelah 3-5 hari kemudian, hal ini dimaksudkan untuk mempermudah keluarnya. Kemudia mayang dipotong ujungnya ± 10 cm dengan pisau tajam, kira-kira seminggu kemudian niranya sudah akan keluar.
    Agar niranya tidak asam serta kotorannya mengendap dan qulanya nanti berwarna kuning muda, maka perlu ditambahkan 1 sendok makan kapur sirih atau larutan Na-bisulfit secukupnya (1 sendok Nabisulfit dalam 2 liter air). warna gula dapat ditentukan dengan pekat/tidaknya larutan ini
    Hal yang perlu diperhatikan adalah penyadapan dilakukan pagi sebelum pukul 08.00 dan sore setelah pukul 16.00, sebelum bumbung/wadah dipasang kembali guna penderesan berikutnya, mayang dipotong sedikit dengan sekali sentuhan agar bias melancarkan keluarnya nira. Setiap mayang dapat diambil niranya selama ± 40 hari, pagi dan sore.hari. Nira yang baik bercirikan masih segar, rasa manis, harum, tidak berwarna dengan kadar gula 12% dan derajat keasaman (pH)nya antara 6,0 – 7,0. Sedangkan nira yang jelek pHnya >6,0 dan bila digunakan, mutu gulanya akan ikut jelek.
    Untuk itu perlu dibuatkan sebuah alat / mesin yang bisa membantu membuat gula semut secara efektif dan lebih produktif.
    Dengan adanya alat ini, diharapkan bisa membantu para produsen gula semut. Gula semut yang dihasilkan bisa lebih berkualitas karena lebih hiegenis dan kadar gula yang dihasilkan lebih baik.
    Alat ini juga membantu meningkatkan produktivitas produsen dengan mengurangi waktu produksi serta menurunkan biaya produksi.

    Rancang bangun Alat/Mesin
    Spesifikasi Alat
    Nama Alat : Arenga Palm Sugar Maker
    Fungsi Kegunaan : Membuat gula semut
    Produk yang dihasilkan : Gula semut aren dan kelapa
    Kapasitas Produksi : 20 Kg/jam

    Cara Kerja mesin Arenga Palm Sugar Maker:

    • Nira aren yang sudah dipanaskan hingga kental, diasukkan kedalam Pan.
    • Hidupkan mesin dengan menekan tombol ON.
    • Biarkan mesin berputar hingga menjadi gula aren denganbuturan-butiran lembut.

    Manfaat Mesin Arenga Palm Sugar Maker:

    • Kadar gula yang dihasilkan tigngi.
    • Gula yang dihasilkan dalam bentuk butiran-butitan halus seperti pada gula putih.
    • Menghemat waktu produksi.
    • Meningkatkan produksi gula aren


    Lihat JugaKategori: TrenTek
      Shopping cart
      0 items
      Total: Rp. 0
      Kalender
      Kategori Artikel
      Menu Billing

        Pembayaran


        rekening :
        5420304467
        Ahmad Fauzi


        rekening :
        9424402277
        Ahmad Fauzi

      Menu Layanan


      Support


      Customer Service
      Statistik Pengunjung

        arenzhie.com Hari ini : 4
        arenzhie.com Total : 5099

        arenzhie.com Hits hari ini : 4
        arenzhie.com Total Hits : 16107

        arenzhie.com Online: 1

        016107


      Cek Data Order